KHAIRIL ANWAR DOA DOA kepada pemeluk teguh Tuhanku Dalam termangu Aku masih menyebut namamu Biar susah sungguh mengingat Kau penuh seluruh cayaMu panas suci tinggal kerdip lilin di kelam sunyi Tuhanku aku hilang bentuk remuk Tuhanku aku mengembara di negeri asing Tuhanku di pintuMu aku mengetuk aku tidak bisa berpaling
  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Kamis, 02 Februari 2012

“DOSA YANG TERMANIS”





Cerpen
Dosa yang termanis



uuuuh! Nyebelin banget sich! Kamana aja anak ini udah di sms dari tadi pagi sampai malam gini tidak dibalas-balas, seharusnya udah dari tadi adi pulang kerja, tapi kenapa sms dea tidak dibalas sich. Dea sempat berfikir negatif, apa jangan-jangan….?
Ah…tidak mungkin, fikiran negatif itu langsung dea buang jauh-jauh, dea percaya kalau adi tidak mungkin menghianatinya (sambil melamun).
“ Hai!!! (sambil menepuk kedua bahu dea)
 “apan sich al, ngagetin tauk!
“ kenapa melamun?
“ biasalah al resiko cinta jarak jauh.
“oh….yaudahlah jangan terlalu difikirkan nanti kamu sakit lagi, tuh es creamnya sudah meleleh
“ iya…iya..
beberapa menit kemudian hp dea berbunyi
“ cie…..cie….sudah tidak manyun lagi nie ye,
“ resek lo al (sambil melempar boneka kepada aliyah)
uuuuuhhh….ternyata dari bima (bima adalah temen yang dea kenal dari facebook, mereka cuma bertemu )
“ malam cewek gi ngapain? Sombong nie jarang smsan lagi!
“ malam juga, nie lagi nonton tv, abis kamu sich ganti-ganti nomor, jadi aku malas sms kamu.
karna asyk smsan sama bima sampai nggak terasa sudah jam 23.00wib dan dea lupa kalau dea lagi sebel sama cowoknya
Sudah 2minggu lebih adi tak ada kabar, sudah dea sms tapi tidak dibalas, ditelpon juga nggak pernah diangkat. Saat ini perasaan dea campur aduk nggak karuan , dea bingung mau tanya siapa? Dea juga tidak mengenal temen-temen adi, mau menemui juga nggak mungkin soalnya adi kuliah di jakarta. Mereka sudah pacaran hampir 2 tahun, tapi mereka gak pernah ketemu, mereka hanya berkomunikasi lewat hp saja. Dea dan adi sering putus komunikasi ada-ada aja masalahnya, setiap kali ada masalah dengan kuliahnya pasti dea yang jadi korban. Dea capek dengan semua sikap adi yang suka marah akhir-akhir ini, dea sudah capek mengalah terus Untung saja temen-temen dea slalu ada jika dea lagi sedih. Apalagi dengan datangnya ari dikehidupan dea yang slalu, sport, hibur dan selalu ada buat dea.
Semakin hari hubungan dea dengan bima semakin dekat aja, mereka sering jalan bareng, bima juga sering antar jemput dea ketika mudik kerumah. Hingga di suatu malam yang disaksikan bulan dan bintang-bintang, bima menyatakan cintanya kepada dea
“ De, jujur sejak pertama kali kita bertemu aku sudah suka kamu
“ apa?
“ iya de aku sudah suka kamu, tapi aku takut.
“ takut? Emangnya mukaku serem ya?
“ enggak kok, maksudnya aku takut kalau ditolak, dan sampai sekarang perasaan ini tidak berubah (sambil menggenggam kedua tangan dea)
dea diam sejenak, dea bingung di satu sisi dea belum putus dengan adi, disisih lain dea juga tidak memungkiri kalau dea juga suka sama bima.
“ de kok diem? Aku tidak memaksa kok kalau kamu belum bisa ngasih jawaban sekarang,
Dea menatap bima dengan tersenyum manis sambil menjawab “ aku juga sayang kamu. Malam ini dea merasa menjadi wanita yang paling bahagia. Hari-hari dea tidak sendiri lagi, tidak ada kata malam minggu kelabu lagi.
Al ntar masuk kuliah jam berapa?” emang kamu tidak tau kalau malam ini kosong! “ kosong? Yes…!!!hari ini aku bisa kencan , upzzz!!(sambil menutup mulut dengan kedua tanggannya)
“ hayooo…. Mau kecan sama siapa tuh?(ledek aliyah)
“ ada dech…?
“siapa de ayo cerita dong?
“ iya…iya…aku ngaku dech,(sambil malu-malu), sebenarnya aku udah jadian  sama bima seminggu yang lalu
“gila lo de! Trus adi mau dikemanain?
“ nggak tau lah al, aku bingung, udah sebulan lebih adi nggak ada kabar, telpon dan smsku juga nggak direspon lagi. Yaaaa…..mungkin adi udah ada cewek lain/ adi bosan kali pacaran jarak jauh. Lagian ngapai aku nunggu orang yang tidak pasti keberadaannya, yang pasti-pasti aja dech (sambil becanda), ngapain berjuang demi cinta,cinta hanya perlu Alpenliebe he……….
Tok….tok…tok…dea dan aliyah kaget ,ternyata dibalik pintu udah ada bima baru aja mau disms eh…orangnya udah muncul duluan.
“ jadi pergi gak de?
“yupzz!
Dea sama bima berangkat jalan-jalan untuk menikmati indahnya lampu kota pada malam hari. Ketika di perjalanan pulang ban motornya bocor, bima bingung sudah jam 22.00wib apa bengkel masih ada yang buka. bima mendorong motornya sambil mencari bengkel yang masih buka, sedangkan dea berjalan dibelakangnya sambil ngutak-atik hp. Tiba_tiba hp dea berbunyi setelah dibuka dea kaget karna yang sms adalah adi, dea tambah gugup ketika bima tanya sms dari siapa, untung saja bima tidak curiga.

Sesampai di kos dea bingung kenapa adi harus datang disaat dea sudah terlanjur sayang sama bima dan dea tidak mungkin meninggalkan bima karna mereka saling menyayangi dan dea juga sudah berjanji sama bima kalau dea nggak akan pernah meninggalkan bima apapun yang terjadi. Pagi-pagi adi telpon dea dan adi menjelaskan semua kepada dea, dea hanya bisa menangis karna dugaan dea slama ini salah terhadap adi, adi menghilang bukan karena udah ada cewek lain melainkan tempat kerja adi sedang mengalami pengurangan karyawan dan adi adalah salah satu karyawan yang harus keluar. Dea tidak berani berkata terus terang kepada adi karna dea nggak mau membebani adi lagi, yang jadi sesal dea mengapa adi nggak cerita, kalau saja dari awal adi cerita mungkin ini gak akan terjadi, tapi nasi udah jadi bubur, tapi kalau dea tidak jujur sama adi apa yang sudah terjadi hidup dea tidak akan tenang dan nggak mungkin berjalan dengan dua cowok. Keesok harinya dea memberanikan diri mengatakan kepada adi semua yang terjadi saat adi menghilang, walaupun berat adi terima dengan lapang dada. Dea merasa bersalah banget, tapi mau gimana lagi nasi sudah jadi bubur. Setelah  masalah dengan adi sudah selesai dea memberanikan diri cerita sama bima tentang masa lalu dea, alhamdulillah banget bima mau menerima dea. Padahal dea takut kalau bima akan ninggalin dea, ternyata kekhwatiran dea salah malah sebaliknya bima tambah sayang dan perhatian sama dea, dea merasa menjadi orang paling beruntung punya cowok seperti bima sudah orangnya baik, sabar, pengertia, dan apa adanya.
Sehabis magrib bima jemput dea di kos,
”duh mau kemana jeng kok rapi banget?
“ada dech mau tau aja !!des aliyah kemana ? kok jam segini belum pulang.
“ nggak tau tuh, mungkin gi kencan sama toni. Mang kamu mau kemana?
“ntar kalau udah pulang aku ceritain ok!
bima mau mengajak dea kerumah kakaknya yang berada di lain kota. Sesampai disana dea deg-degan banget alhamdhulillah dea disambut hangat oleh keluarganya. Di perjalanaan pulang mereka mampir di alun-alun untuk istirahat dan makan.
  Bagai petir di siang bolong itu lah ungkapan yang cocok, betapa tidak, tidak ada masalah/ pertengkaran tiba-tiba bima minta dea untuk ninggalin bima, dea kaget, shock dan bingung kenapa bima setega itu padahal tidak ada masalah apapun, mereka baru saja jalan-jalan, dea berusaha meminta penjelasan sama bima tapi bima tidak mau jelasin, sejak itulah pertengkaran-pertengkaran muncul dan hubungan mereka sering putus nyambung. Dea sayang banget sama bima sampai dea mau berkorban apa saja asalkan hubungan mereka tetep utuh, tapi pengorbanaan dea sia-sia saja, bima malah memanfaatkan ketulusan cinta dea. Setiap hari hati dea tersiksa dengan perubahan sikap bima, sikapnya yang dingin, cuek, tidak perhatian lagi, egois dan semaunya sendiri.
Dea hanya bisa berdoa agar bima mau berubah seperti dulu yang menyayangi dan mencintai dea lagi, tapi itu mustahil!
“ de, napa nangis?
“ al, bima tega banget sama aku (sambil nangis meluk aliyah)
“maksudnya?
“ bima nyuruh aku buat ninggalin dia al
“ apa?
“ iya al, tapi aku nggak bisa,kamu tahu sendiri kalau aku sayang banget sama bima, sampai aku tega ninggalin adi, tapi al (sambil nangis)
“ kok bima setega itu! Mang ada masalah apa de?
 aku nggak tahu sebabnya apa? Dan bima juga nggak ngasih alasan apapun sama aku, aku bingung al?
“ mungkin emosi sesaat doang, paling besok balikan lagi kok, yaudah sekarang kamu istirahat dulu jangan nangis lagi.
Semalaman dea nggak bisa tidur karna kepikiran bima terus dan keesok harinya dea datang ke kossannya bima untuk meminta penjelasaannya. Sesampi di kos bima dea hanya diam tanpa kata, sampai bima mulai bicara, tanpa dosa bima berkata “ ada apa de? Dea udah nggak kuat, rasanya pengen nampar dan nonjok muka bima, tapi dea nggak bisa karna rasa sayang dea lebih besar dari pada rasa bencinya. Dea diam dan merunduk saja nggak menjawab pertanyaan bima, tiba-tiba bima memeluk dea dan dea berusaha melepaskan pelukan bima.
“De, maafin aku ya, sebenarnya aku sudah bertunangan (sambil memeluk dea)
“ maksudnya apa ar? (sambil melepaskan pelukan bima)
“iya de,
“ berarti selama kita jalan kamu sudah bertunangan dan selama ini aku hanya dijadikan  sebagai selingkuhanmu saja (sambil menangis)
“ semua ini bohongkan bim!
“ nggak de, semua ini benar makanya aku nyuruh kamu tuk ninggalin aku, aku tidak mau nyakitin kamu terus, kamu tuh terlalu baik, aku nggak pantas buat kamu.
Dea sangat shock saat itu, dea nggak kuat mendengar penjelasaan bima, cewek mana yang nggak shoch kalau selama ini ternyata menjadi simpanan saja dan pacarnya akan menikah dengan cewek lain.
“ de, mau kemana?
Langsung saja dea pergi tanpa memperdulikan panggilan bima, dea kecewa banget dengan bima, kalau tahu akhirnya akan begini lebih baik aku nggak kenal kamu bim. Dea menyesal kenapa harus mencintai bim, apakah ini hukum karmaku karna dulu aku pernah nyakitin adi. Sakit banget hati ini, dea tak tau harus bagaimana lagi, dea merasa tak kuat lagi.tapi dea berusaha untuk tegar dan mengikhlaskannya, mungkin semua ini kan ada hikmahnya.
Dea hampir lupa kalau hari ini ada reuni SMA, “pokoknya aku harus datang di reuni akbar ini, biar aku bisa melupakan permasalahan ini. Aku udah kangen sama temen-teman. sesampai di sana dea bingung karna sahabat-sahabatnya belum ada yang kelihatan. Tiba-tiba dari belakang ada yang menutup kedua mata dea
“  eh….siapa sich? Jangan iseng dong!
“baaaaaaaaaaaaaahhhhh
“ rini, tatik, sulis, apa kabar kalian? (sambil berpelukan)
“ kami baik-baik saja kok.
Dea dan teman-temannya saling bertukar cerita, bercanda tawa, sampai dea tidak sadar kalau dari tadi ada yang memperhatikannya.
“ hai.....de…..?(sambil mengulurkan tangannya ke dea)
“hai juga fer, dea  membalas salamnya ( ferdi adalah kakak kelas dea sekaligus cinta pertama dea, dulu sich dea pernah naksir,  tapi cinta dea bertepuk sebelah tangan).
Mereka bercanda-canda, berbagi pengalaman, berbagi cerita,  “eh ternyata ferdi orangnya asik juga ya, udah cakep, baik,  perhatian, humoris pula, pokoknya type gue banget dech he….hubungan kami tak berakhir sampai di sini saja. semakin lama hubungan mereka semakin dekat. Kehadiran ferdi telah meluluhkan hati dea yang telah beku. Dea sangat bahagia karna sudah menemukan cinta sejatihnya. Ferdi adalah cinta pertama dea dan semoga saja menjadi cinta terakhir dea. Amien
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar