KHAIRIL ANWAR DOA DOA kepada pemeluk teguh Tuhanku Dalam termangu Aku masih menyebut namamu Biar susah sungguh mengingat Kau penuh seluruh cayaMu panas suci tinggal kerdip lilin di kelam sunyi Tuhanku aku hilang bentuk remuk Tuhanku aku mengembara di negeri asing Tuhanku di pintuMu aku mengetuk aku tidak bisa berpaling
  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Kamis, 02 Februari 2012

LAPORAN DIKLAT GURU BAHASA INDONESIA NASIONAL P4TK


LAPORAN DIKLAT LAPANGAN


LAPORAN PELAKSANAAN DISEMINASI HASIL DIKLAT
BAHASA INDONESIA ANGKATAN 1
PERIODE 20 JUNI-01 JULI 2011












DISUSUN OLEH
RETNO ISRTININGSIH, S. Pd




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 0I WELERI
JALAN KH AHMAD DAHLAN 46 WELERI KAB KENDAL
Kode Pos 51355 Telp 0294 – 641497


LEMBAR PENGESAHAN

A.      Judul Laporan                             : Laporan Pelaksanaan diseminasi hasil Diklat Bahasa Indonesia Angkatan I, Periode 20 Juni - 01 Juli 2011.
B.       Nama                                           : RETNO ISTRININGSIH, S. Pd
C.       Jabatan                                        : Guru
D.      Tempat lahir                                : Kendal, Jawa Tengah
E.       Prog. Studi yang diajarkan         : Bahasa Indonesia
F.        Sekolah tempat mengajar            : SMK Muhammadiyah 1 Weleri

Telah melakukan tindak lanjut sabagai salah satu syarat untuk program diklat.



Kendal, 28 Juli 2011
Mengesahkan,
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Weleri


Drs. Wahid Asy’ari




KATA PENGANTAR

Penulis memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil diseminasi Diklat Bahasa Indonesia Angkatan 1 Periode 20 Juni-01 Juli 2011 dengan baik.
Diseminasi program Diklat Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan kegiatan on service learning sebagai kelanjutan kegiatan in service learning. Pelaksanaan diseminasi progam Diklat dan pembuatan laporan ini terlaksana atas kerja sama guru-guru, karyawan siswa di sekolah dan dukungan kepala Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Weleri, serta semua pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada;
1.      Dr. murtoyo, M,M., selaku Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata.
2.      Drs. Edi Rismunandar, M.M., selaku Kepala Bidang Fasilitasi Peningkat Kompetensi.
3.      Silvi Andika Sari, M.A selaku Kepala Devisi Bahasa PPPPTK Bisnis dan Pariwisata.
4.      Drs. Sanusi, M.M., selaku Koordinator Diklat Bahasa Indonesia Angkatan 1 Periode 20 Juni-01 Juli 2011.
5.      Drs. Wahid Asy’ari selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Weleri
6.      Semua guru, karyawan, dan siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Weleri yang tidak dapat penulis sebut satu persatu.
7.      Semua pihak yang telah membantu penyelesaian pembuatan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu segala kritik dan masukan yang bersifat menyempurnakan laporan penulis terima dengan tangan terbuka.


Harapan penulis semoga laporan ini dapat memberi manfaat untuk kepentingan bersama. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih.




Kendal, 28 Juli 2011


Retno Istriningsih, S. Pd





















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ............................................................................................. i
PENGESAHAN  .................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR  ......................................................................................... iii
DAFTAR ISI  ......................................................................................................... v
BAB  I         PENDAHULUAN  ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang  ............................................................................ 1
B.     Tujuan........................................................................................... 1
C.     Sasaran.......................................................................................... 2
BAB  II        PELAKSANAAN  ............................................................................ 3
A.    Tempat dan Waktu ....................................................................... 3
B.     Strategi dan Metode .................................................................... 3
C.     Hasil yang Diperoleh ............................................................ ....... 4
D.    Kendala dan Pemecahan ...................................................... ....... 5
BAB  III      PENUTUP.......................................................................................... 6
A.    Kesimpulan  ................................................................................. 6
B.     Saran............................................................................................. 6
LAMPIRAN-LAMPIRAN 





DAFTAR LAMPIRAN

1.        Presensi Peserta Diseminasi  ............................................................................. i
2.        Rencana kerja............................................................................................
PENGESAHAN  .................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR  ......................................................................................... iii
DAFTAR ISI  ......................................................................................................... v
BAB  I         PENDAHULUAN  ........................................................................... 1
D.    Latar Belakang  ............................................................................ 1
E.     Tujuan........................................................................................... 1
F.      Sasaran.......................................................................................... 2
BAB  II        PELAKSANAAN  ............................................................................ 3
E.     Tempat dan Waktu ....................................................................... 3
F.      Strategi dan Metode .................................................................... 3
G.    Hasil yang Diperoleh ............................................................ ....... 4
H.    Kendala dan Pemecahan ...................................................... ....... 5
BAB  III      PENUTUP.......................................................................................... 6
C.     Kesimpulan  ................................................................................. 6
D.    Saran............................................................................................. 6
LAMPIRAN-LAMPIRAN 
 
BAB I
PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional, pasal 50 ayat 2 mengamatkan bahwa pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan nasional.
Peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, hal ini dilakukan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi yang begitu pesat, yang berdapak pada semakin terbuka dan tersebarnya informasi yang mampu menembus batas wilayah tanpa jarak. Peningkatan mutu dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan yang dilaksanakan, diantaranya yang akan dilaksanakan adalah peningkatan kualifikasi, kompetensi, dan profisionalisme pendidik dan tenaga pendidik melalui pendidikan dan pelatihan.
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidik  (PPPPTK Bisnis dan Pariwisata) sesuai dengan tugas dan fungsinya yang tertuang dalam Permendiknas nomor 50 tahun 2008 adalah menyelenggarakan peningkatan kompentensi pendidik dan tenaga pendidikan.
Sejalan dengan fungsi tersebut pada tahun 2011 ini PPPPTK Bisnis dan Pariwisata menyelenggarakan beberapa diklat, salah satunya adalah diklat Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Angkatan 1 bagi guru SMK.

B.  TUJUAN
Tujuan diklat strategi pembelajaran bahasa Indonesia Angkata 1 bagi guru SMK adalah
1.    Meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan wawasan tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK.
2.    Melatih Keterampilan menulis bahan ajar
3.    Memperbaiki kemampuan mengajar
4.    Melatih keterampilan membuat alat penilaian hasil belajar
5.    Melatih keterampilan menilai proses dan hasil belajar
6.    Melatih keterampilan mengelolah kegiatan pendukung pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK.

C.  SASARAN
Sasaran dari diklat pembelajaran Bahasa Indonesia Angkatan 1 bagi guru SMK sebanyak 24 orang dengan kriteria sebagai berikut:
1.        Guru SMK Negeri dan Swasta
2.        Bersedia melaksanakan diklat di lapangan (di sekolah masing-masing sesuai jadwal)
3.        Belum pernah mengikuti diklat sejenis di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata Bojonsari, Depok
4.        Usia maksimal 50 tahun
5.        Membawa silabus dan buku-buku bahan ajar yang digunakan di sekolah

D.    OUTPUT/PRODUK
Pada akhir pelaksana Diklat Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Angkatan 1 bagi guru SMK diharapkan akan dihasilkan antara lain;
1.      Mengajar dengan lebih baik (praktik mengajar)
2.      Menulis bahan ajar dengan baik
3.      Membuat bahan penilaian hasil belajar (seperangkat alat tes)
4.      Melaksanakan kegiatan pendukung pembelajaran (lomba-lomba bahasa, KIR, madding, dll).





BAB II
PELAKSANAAN DIKLAT


A.  WAKTU dan TEMPAT
Diklat lapangan yang berbentuk diseminasi diklat Bahasa Indonesia Angkatan 1 dilaksanakan dari tanggal 4 s.d 27 Juli 2011 dilanjutkan dengan penulisan laporan sampai tanggal 4 Agustus 2011. Diklat ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Weleri Jawa Tengah.

B.  STRATEGI dan METODE
Strategi pelaksanaan Diklat Lapangan dalam bentuk diseminasi Diklat Bahasa Indonesia Angkatan 1 dilaksanakan dengan langkah-langkah awal adalah persiapan, dilanjutkan rencana pelaksanaan desiminasi, penyusunan silabus, RPP, Handout dengan memperhatikan kurikulum KTSP. Berikutnya menyusun jurnal pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan diakhiri pembuatan laporan.
Pemanfaat alokasi waktu yang tersedia secara efektif untuk mewujudkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan dari Diklat Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjutan Angkatan 1 bagi guru SMK dengan menerapkan strategi pelaksanaan sebagai berikut:
1.        Peserta datang di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata, check in dan penyerahan training kit.
2.        Pembukaan Diklat dilanjutkan dengan informasi kebijakan dan pembukaan.
3.        Pelaksanaan program pokok sebagai upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
4.        Kembali keinstitusi asal untuk melaksanakan Diklat dilapangan sesuai action plan.
5.        Melaksanakan diklat dilapangan, setelah 1 minggu berada di daerah dan menyusun laporan pelaksanaan Diklat di lapangan.
6.        Pengiriman laporan pelaksanaan Diklat di lapangan paling lambat 4 Agustus 2011. (stempel pos setempat).
7.        Penutupan Diklat ditandai dengan pengiriman sertifikat tanda tamat pendidikan dan pelatihan.
Adapun rencana aksi (action plan) Diklat yang akan dilaksanakan pada Diklat Bahasa Indonesia Lanjutan di SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kendal Jawa Tengah dapat dilihat di lampiran 2.
Dalam pelaksanaan diseminasi diklat bahasa Indonesia Angkatan 1, metode yang digunakan adalah dengan memadukan antara teori dan praktik. Teori disampaikan dengan ceramah dan Tanya jawab, sedangkan praktik dilakukan secara langsung di ruang guru (diseminasi dengan teman sejawat) dan diruang kelas  SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kendal Jawa Tengah saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan fasilitas yang tersedia diruangan yaitu: melalui LCD, laptop, tape recorder, modul, media perekat. Dan lain-lain.
Dari paparan dan strategi dan metode di atas diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

C.  HASIL YANG DIPEROLEH
Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan Diklat Lapangan Bahasa Indonesia Lanjutan yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kendal Jawa Tengah antara lain:
No
komponen
keterangan
1
Silabus
Bahasa Indonesia
2
RPP

3
Handout

4
Naskah Soal pretes

5
Naskah Soal protes




D.  KENDALA dan PEMECAHAN
Dalam kegiatan diklat lapangan Bahasa Indonesia Angkatan 1 ini masih terdapat beberapa hambatan, antara lain;
1.    Adanya libur semester dan pelaksanaan Masa Orientasi Siswa .
2.    Kesulitan mengumpulkan teman-teman sejawat (guru) akibat padatnya kegiatan dari masing-masing guru sesuai dengan tugas masing-masing.
3.    Persiapan ulang tahun Republik Indonesia.
Adapun pemecahan dari kendala/ hambatan tersebut di atas adalah:
1.    Praktik di kelas dilaksanakan setelah kegiatan Masa Orientasi Siswa dan pada waktu Masa Orientasi Siswa di gunakan untuk menyusun  silabus, dan RPP.
2.    Menghimbau temen-teman sejawat untuk berkenan berpartisipasi dalam kegiatan disementasi diklat bahasa Indonesia tingkat lanjutan meskipun dilaksanakan setelah jam sekolah selesai.

















BAB III
PENUTUP

A.  SIMPULAN
Dengan adanya diklat bahasa Indonesia tingkat lanjutan yang diselenggarakan oleh P4TK Bisnis dan Pariwisata Jakarta dan dilanjutkan dengan Diklat Lapangan dengan bentuk desiminasi Diklat di Sekolah masing-masing, para Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Muhamadiyah 1 Weleri khususnya mengucapkan terima kasih kepada P4TK BISPAR Jakarta yang telah member informasi yang sangat berguna bagi pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga informasi tersebut akan menjadi acuan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

B.  SARAN-SARAN
Terkait dengan pelaksanaan Diklat Bahasa Indonesia Angkatan 1 , dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut:
1.    Diklat lapangan sebagai program tindak lanjut dari pelaksanaan Diklat di P4TK BISPAR Jakarta perlu terus dilaksanakan pada setia penyelenggara program Diklat, agar ilmu/informasi yang diperoleh selama Diklat bisa disosialisasikan kepada teman-teman guru sejawat.
2.    Agar dalam pelaksana diklat lapangan yang akan datang lebih disempurnakan dari pelaksana Diklat yang sekarang, yaitu dengan melakukan pemantauan kepada peserta Diklat yang sekarang, yaitu dengan melakukan pemantauan kepada peserta diklat secara terus menerus meski hanya memalui jarak-jauh.
3.    Agar SMK Muhammadiyah 1 Weleri selalu menyampaikan pemetaan kompetensi guru sesuai tugas mengajar ke P4TK BISPAR Jakarta dan terus melakukan Update data pemetaan tersebut. Data ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk memanggil peserta Diklat sesuai dengan kompetensi dan bentuk Diklat yang diselenggarakan di P4TK BISPAR Jakarta.

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MODEL

Satuan Pendidikan      : SMK Muhammadiyah 1 Weleri       
Mata Pelajaran            : Bahasa  Indonesia
Kelas / Semester          : X / Ke-1
Tahun Pelajaran           : 2011/2012
Waktu :2 x 45 menit

I.       Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana.
II.    Kompetensi Dasar
Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
III. Indikator / Tujuan
(1)         Reaksi kinetic (menunjukan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku da tidaknya.
(2)         Kometar atau ungkapan lisa terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku da tidaknya.

IV. Materi Pembelajaran
Lafal adalah cara seseorang atau sekelompok orang  penutur bahasa dalam mengucapkan lambang-lambang bunyi bahasa. Penentuan lazim dan tidak lazimnya suatu lafal berpedoman pada buku Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia dan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh:  Lafal antara kata sekedar dan kata sekadar. Lafal kata sekedar tergolong lafal tidal lazim (tidak baku) sedangkan lafal kata sekadar tergolong lafal yang lazim (baku).
Tekanan adalah ucapan yang ditekankan pada suku kata atau kata sehingga bagian tersebut tampak lebih keras atau menonjol daripada sukukata atau kata yang lain. Tekanan ini mengacu pada fungsi atau jabatan dari bagian-bagian kalimat. Maksudnya, apakah yang ditekankan Subjek, Predikat, Objek, Pelengkap, atau Keterangan dari kalimat itu.
Contoh: Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan subjeknya yaitu Rina)
Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan predikatnya yaitu mengetik)
Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan objeknya yaitu laporan pertanggungjawaban)
Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan pelengkapnya adalahbersama temannya)
Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan keterangan tempatnya yaitu di Rumah Ratri)
Rina mengetik laporan pertanggungjawaban bersama temannya di rumah Ratri semalam. (Yang ditekankan keterangan waktunya yaitu semalam)
Intonasi adalah lagu kalimat atau naik turunnya atau tinggi rendahnya pengucapan kalimat. Intonasi ini akan memberikan makna berbeda pada kalimat tersebut. Pemberian intonasi dalam kalimat ditandai dengan tanda anak panah. Jika intonasi naik, tanda anak panahnya mengarah ke atas. Jika intonasi turun, tanda anak panahnya  mengarah turun. Jika intonasi datar, tanda anak panahnya mendatar.
Contoh:
Ibu ada di rumah. (Kalimat ini isinya memberikan informasi bahwa ibu ada di rumah)
Ibu ada di rumah? (Kalimat ini isinya menanyakan tentang ibu apakah ada di rumah)
Jeda adalah hentian sebentar dalam ujaran. Jeda ini juga akan memberikan makna yang berbeda pada kalimat itu. Dalam bahasa tulis, pemberian jeda ditandai dengan tanda garis miring (/).
Contoh:  Berdasarkan laporan / adik Bapak Budi itu / pegawai yang rajin. (Yang dimaksud pegawai yang rajin itu adalah adik dari Bapak Budi)
Berdasarkan laporan  adik / Bapak Budi itu / pegawai yang rajin. (Yang dimaksud  pegawai yang rajin itu adalah  Bapak Budi)
Berdasarkan laporan adik Bapak / Budi itu / pegawai yang rajin. (Yang dimaksud  pegawai yang rajin itu adalah Budi).
V.    Metode Pembelajaran
Metode yang diaplikasikan  dalam pembelajaran adalah metode tanya jawab, metode penugasan,  dan  metode diskusi

VI. Kegiatan Pembelajaran
Bagian
Kegiatan
Waktu
Ket.
Awal
-          Mengecek kehadiran siswa.
-          Menanyakan kesiapan siswa untuk menerima pelajaran.
-          Memotivasi siswa pentingnya belajar materi yang akan dibahas.
-          Memberikan apersepsi berkaitan dengan materi yang akan dibahas yaitu lafal, tekanan, intonasi, dan jeda melalui tanya jawab
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit

Inti
EKSPLORASI
-          Guru membagi kelompok menjadi beberapa kelompok kecil ( 4-5 siswa)
-          Mengucapkan sebuah kalimat sebagai berikut.
Menurut pemeriksaan dokter /Joko Susanto /memang sakit .
-          Menyuruh siswa mencermati pengucapan kalimat yang telah didengarnya dari segi  lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
-          Memberi materi lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/ baku dan tidak baku.
ELABORASI
-          Siswa berdiskusi sesuai dengan tugas yang diberikan
a. Kelompok nomor ganjil           : lafal, dan  tekanan
b. Kelompok nomor genap          : intonasi, dan jeda
-           Setiap kelompok mewakilkan satu orang untuk membentuk kelompok baru yaitu kelompok  lafal, dan  tekanan serta kelompok intonasi, dan jeda.
-          Anggota dari kelompok baru tersebut kembali ke kelompok semula.
KONFIRMASI
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi masing-masing
-          Tanya jawab tentang hasil presentasi siswa.
-          Siswa mengerjakan evaluasi








60 menit












Akhir
-          Menyimpulkan isi materi dengan mengadakan tanya jawab dengan cara permainan,  setiap guru mengucapkan kata 1 siswa disuruh tepuk tangan 1x, apabila guru mengucapkan kata 2 siswa disuruh tepuk tangan 2x dan apabila guru mengucapakan kata 3 siswa dilarang untuk tepuk tangan, apabila ada siswa yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan kartu yang berisi pertanyaan sesuai denga materi yang dijelaskan guru. Dan dilakukan berulang kali.
-          Menyampaikan materi yang akan datang

20 menit


VII  Sumber dan Media Pembelajaran
 Sumber Pembelajaran  :  Iskak, Ahmad dan Yustinah. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X. Kudus: Erlangga.
                                             Dwi, Widya Kusuma. 2009.  Bahasa Indonesia  untuk SMK dan MAK Kelas X Semester Gasal. Klaten: Viva Pakarindo.
                                             Depdiknas. 2004. Modul Bahasa Indonesia Semenjana 1. Jakarta.
 Media Pembelajaran   :     Kartu kalimat

VIII. Penilaian
a)        Prosedur                 : tes awal, tes proses, tes akhir
b)        Jenis tes                  : tes lisan  dan tes tertulis
c)        Bentuk tes             : esai
d)       Soal                         : terlampir
e)   Penskoran                : terlampir
f)   Kunci jawaban         : terlampir


Lampiran Soal:
Kesabaran Berbuah Singa

Dalam kitab al–Kabair, Imam adz–Dzahabi meriwayatkan kisah orang shalih yang memiliki saudara. Suatu saat ketika ia berkunjung, ia disambut istri saudaranya itu dengan kasar dan tidak sopan. Tak lama kemudian, orang yang ditunggu–tunggu datang sambil menuntun seekor singa yang di atas punggungnya terdapat seikat kayu
bakar. Kemudian, ia mempersilakan tamunya masuk sedangkan istrinya masih terus mengomel. Setelah makan, tamunya itu pamit pulang dengan penuh heran atas kesabaran saudaranya pada perlakuan istrinya.
Tahun berikutnya ia berkunjung lagi. Ketika mengetuk rumah saudaranya, dari dalam terdengar suara istri saudaranya, “Siapa di luar?” Ia menjawab, “Saya saudara suamimu.” Wanita itu berkata lagi, “ Selamat datang, harap menunggu sebentar, Insya Allah ia akan datang dengan selamat.” Orang itu kagum pada tutur kata istri saudaranya yang lembut dan sopan itu. Tak lama kemudian, saudaranya datang sambil memikul kayu bakar. Bertambah heranlah ia melihat kejadian itu.
Setelah mengucapkan salam, pemilik rumah mempersilakan tamunya. Tak lama kemudian, istri saudaranya itu menghidangkan makanan dengan sopan. Ketika akan pulang, ia berkata pada saudaranya, “ Wahai saudaraku, jawab dengan jujur. Setahun lalu ketika aku mengunjungimu, kudengar kata – kata istrimu yang kasar. Lalu aku melihatmu datang dengan seekor singa yang selalu menuruti perintahmu membawakan kayu bakar. Sedang kini kulihat tutur kata istrimu yang sopan, namun aku melihatmu membawa kayu bakar sendirian.”
Saudaranya menjawab, “ Wahai saudaraku, istriku yang cerewet itu telah wafat. Dulu ketika kami hidup bersama, aku selalu bersabar dan memaafkan segala perilakunya yang buruk padaku. Karena itulah Allah menjinakkan seekor singa agar membantuku membawa kayu bakar. Setelah menikah dengan istri keduaku yang salihah, aku hidup bahagia dan singa itu meninggalkanku.”
(Dikutip dari Majalah Sabili,September 2005)

1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 5 orang. Satu orang membacakan cerpen berjudul ”Kesabaran Berbuah Singa” di atas dengan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat. Kemudian, empat orang lainnya mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak baku. Bahaslah bagaimana bentuk yang bakunya.
                                                               Klungkung,  17 Juli 2010
No
No Soal
Uraian
Skor
Jumlah Skor
1
1
Dapat menentukan lafal dengan sangat tepat
4



Dapat menentukan lafal dengan  tepat
3



Dapat menentukan lafal dengan kurang tepat
2



Dapat menentukan lafal dengan tidak tepat
1


4
2
2
Dapat menentukan tekanan dengan sangat tepat
4



Dapat menentukan tekanan dengan  tepat
3



Dapat menentukan tekanan dengan kurang tepat
2



Dapat menentukan tekanan dengan tidak tepat
1



2
2
Dapat menentukan tekanan dengan sangat tepat
4















Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Klungkung,                   Guru Mata Pelajaran,


I Made Deresta, S.Pd                            Dra. Komang Mariani Artati
NIP 19531231 197701 1 053                NIP 19620512 198703 2 011











Pengertian lafal
Pengertian intonasi
Pengertian jeda
Pengertian tekanan
Pengertian diftong
Pengertian fonem
Kucing makan tikus mati

Berilah jeda pada kalimat diatas
Menurut ibu puspitasa sari memang anak yang rajin

Berilah jeda pada kalimat diatas
Sebutkan cirri-ciri bahasa baku
Buatlah kalimat yang menggunakan diftong ai
Buatlah kalimat yang menggunakan diftong aui
Sebutkan contoh kata (e() terbuka)
Sebutkan contoh kata engan menggunakan  fonem (e)
Buatlah contoh kalimat yang menggunakan(e) terbalik
Buatlah contoh kalimat yang menggunakan (o)
Buatlah contoh kalimat yang menggunakan(0)
Buatkan contoh kalimat yang menggunakan intonasi
Buatkan contoh kalimat yang menggunakan jeda









Tidak ada komentar:

Posting Komentar