DARI SEORANG GURU KEPADA MURID-MURIDNYA
Apakah yang kaupunya, anak-anakku
Selainbukudansedikitilmu
Sumberpengabdiankepadamu
Kalaudiharimingguengkaudatangkerumahku
Akutahuanak-anaku
Kursi-kursitua yang ada di sana
Dan mejatulis yang sederhana
Dan jendela-jendela yang takpernahtergantikainnya
Semuapadamuakanbercerita
Tentanghidupmudirumahtangga
Ah,,,,tentanginitakpernahakuberceritadidepankelas
Menatapwajah-wajahmuremaja
Horizon yang selalubirubagiku
Karnakutahuanak-anaku
Engkauterlalubersihdaridosa
Untukmengenalinisemua
Pewawancara : “Dalampuisi yang berjuduldariseorang guru kepadamurid-muridnyaada bait-bait yang menyatakan; apalah yang kupunyaanak-anakkuselainbukudansedikitilmusumberpengabdiankepadamu, apamaksudpernyataanitu”?
Guru BahasaIndonesia:“Menyatakankeprihatinankehidupanseorang guru yang serbakekurangantetapidiaikhlasdalammendidikanakdidiknya”.
Pewawancara :“Kursi-kursitua yang disanadanmejatulis yang sederhanadanjendela-jendela yang takpernah di gantikainnyamenunjukanbagaimanakeadaanekonomi guru padasaatitu”?
Guru BahasaIndonesia : “Bait puisitersebutmenunjukanbetapasulitnyaekonomi guru padasaatitu”.
Pewawancara: “Ah…,tentanginitakpernahberceritadidepankelas, maksudpernyataanitu”.
Guru BahasaIndonesi: “Maksudpernyataanitumenggambarkanbahwa, guru padazamandahulubisamenyembunyikanketidakberdayaandalambidangmaterikepadaanakdidiknyamerekatetap survive didepananakdidiknya”.
Pewawancara :“Ada yang menyatakanbahwamatapelajaranbahasa Indonesia menjadipembunuhmasalbagikeberhasilanUN padaTahun201”
Guru bahasa Indonesia : “Kami tidaksukaitu,karena kami sudahberusahasekuattenagatetapi jambelajarbahasa Indonesia dalamstrukturkurikulumhanya 192 jam yang artinyahanyadua jam pelajarantatapmukaperminggunyadanmasihkurangkebanggaandankecintaanwarga Negara Indonesia khususnyaparasiswaterhadapbahasapersatuannyasendiridanmalahlebihbanggaapabilamenguasaibahasaasing”.
Pewawancara: ”Menurutpendapatibuapakahpuisiitusesuaidengankeberadaanibusebagai guru, saatini?
Guru BahasaIndonesia : “Tidak, sangattidaksetuju”.
Pewawancara : “Jadi,Figure guru sepertiapa yang diharapkananakdidiksekarangdan di masa yang akandating?”
Guru BahasaIndonesia :“Guru yang diharapkanolehanakdidikdewasainiadalah guru yang powerfullyaitu yang ciri-cirinya”
1. Mempunyaikekuatandalammengampumatapelajaran yang diampunya
2. Mempunyaikekuatandalammenghadapianakdidiknya
3. Mempunyaikekuatandihadapanrekan-rekannya
4. Mempunyaikekuatandihadapanpimpinannya
5. Bersahajadalampenampilan
6. Bekerjadenganiklasdilandasidenganibadahpenuhtanggungjawab, uangbukantujuanutama
Pewawancara: “Terimakasihibuatasinformasi yang telahibuberikan, sayasenangsekalidapatberwawancaradenganibu, semogakitatetapsemangatuntukmemajukanpendidikan dinegerikitatercitaini”
GuruBahasaIndonesia :“Terimakasihkembali”.
JuraganBawangMerahyang Sukses
Pewawancara :” Selamatsiangbapak? Maafmenggangguwaktubapaksebentar”!
Pak Jayadi :“Siang juga, tidakapa-apa, ada yang dapatsayabantu”
Pewawancara : “Terimakasihpak, sayadariMajalahAmburadulinginmewawancaraibapaktentangkiatsuksesjadijuraganbawangmerah?”
Pak Jayadi : “Iyasilahkan”.
Pewawancara : “Sejakkapanbapakmulaimenanambawangmerah?”
Pak Jayadi : “Sejaktahun 1970 sayasudahmenanambawangmerah”.
Pewawancara : “Dalammenanambawangmerahapabapakmerasakankegagalanpanen?”
Pak Jayadi : “Wah,,,,kalaumasalahgagalsisudahsering, tapikegagalankankeberhasilan yang tertunda”.
Pewawancara : iya
Bapakbisakahsayamendapatkaninformasitentangkeberhasilanbapakmenjadijuraganbawangmerah yang sukses
Bapakboleh,,,boleh,,,boleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar