KHAIRIL ANWAR DOA DOA kepada pemeluk teguh Tuhanku Dalam termangu Aku masih menyebut namamu Biar susah sungguh mengingat Kau penuh seluruh cayaMu panas suci tinggal kerdip lilin di kelam sunyi Tuhanku aku hilang bentuk remuk Tuhanku aku mengembara di negeri asing Tuhanku di pintuMu aku mengetuk aku tidak bisa berpaling
  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Kamis, 02 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP – NO. 1.7


Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 1,2,3
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : 1.7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
Indikator                                  : 1. Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
2.    Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
3.    Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
1)    Menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
2)    Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
3)    Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat.
4)    Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan.


II. MATERI AJAR
·          Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan
·         Kalimat efektif, komunikatif, dan santun
·         Kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
·         Kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat.

Nilai PBKB & Kewirausahaan yang ditanamkan:
-       Bersahabat/ komunikatif
-       Gemar membaca
-       Kreatif
-       Mandiri
-       Cinta bahasa Indonesia
-       Semangat kebangsaan


III. METODE PEMBELAJARAN
Metode Reseptif dan Produktif à   Peserta didik disajikan aneka bacaan  menindaklanjuti dengan mencari pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tidak tepat.
Metode Komunikatif à     Peserta didik menyampaikan / mengkonfirmasikan perbaikannya  kepada temannya.

IV.  KEGIATAN PEMBELJARAN :
Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pertemuan 1

A.     Kegiatan awal    :
1)   Peserta didik digali dengan pertanyaan materi-materi semester ganjil.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .

B.    B. Kegiatan inti:
1)   Peserta didik secara mandiri  mencari informasi di perpustakaan agar tumbuh kebiasaan gemar membaca tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat yang baik dan benar . (eksplorasi)
2)   Peserta didik disajikan beberapa kalimat.
3)   Peserta didik  mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa.(elaborasi)
4)   Peserta didik  mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari penalaran. .(elaborasi)
5)   Peserta didik  mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari ketercapaian pesan. .(elaborasi)
C.  Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran.

10 menit





70 menit





10 menit
Pertemuan 2


A.   Kegiatan awal :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .
B.    Kegiatan inti:
1)   Peserta didik disajikan contoh-contoh kalimat yang komunikatif dan tidak komunikatif tetapi cermat.
2)   Peserta didik mengidentifikasi contoh kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat. .(elaborasi)
3)   Peserta didik mengidentifikasi contoh kalimat yang komunikatif tetapi cermat. .(elaborasi)
4)   Peserta didik memperbaiki kalimat tersebut menjadi kalimat yang komunikatif dan cermat sehingga tumbuh cinta bahasa Indonesia (elaborasi)
5)   Peserta didik dengan kreatif  menyusun kalimat yang komunikatif dan cermat.(elaborasi)
C. Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran. (konfirmasi)

10 menit




70 menit








10 menit
Pertemuan 3

A.   Kegiatan awal :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .
B.    Kegiatan inti:
1)   Peserta didik ditampilkan contoh-contoh  kalimat efektif, komunikatif dan santun sehingga tumbuh cinta bahasa Indonesia.
2)   Peserta didik  bekerja sama dengan temannya berdiskusi mencari pengertian kalimat efektif. .(elaborasi)
3)   Peserta didik berdiskusi mencari pengertian kalimat yang santun. .(elaborasi)
4)   Peserta didik berdiskusi mencari pengertian kalimat yang komunikatif. .(elaborasi)
5)   Peserta didik berdiskusi mencari menyusun kalimat efektif, komunikatif dan santun. .(elaborasi)
6)   Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas dengan berani, kelompok lain menanggapi dengan bersahabat. (konfirmasi)
Nilai PBKB : rasa ingin tahu, kerja sama, berani, tanggung jawab
C. Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi(konfirmasi)

10 menit




70 menit










10 menit
      
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
      Alat: LCD, power Point, komputer
      Bahan: lirik lagu, iklan, teks dengan berbagai tema
      Sumber Belajar: KBBI, Kamus Idiom, Modul

VI. PENILAIAN

      
Pada kalimat-kalimat berikut terdapat dua bagian yang di garis bawahi. Jika menurut anda ada kesalahan pada kata bergaris bawah bagian pertama, pilih a atau b sebagai pembetulannya, jika ada kesalahan pada kata bergaris bawah bagian kedua, pilihlah c atau d sebagai pembetulannya!

NO
SOAL
SKOR
NILAI

1
Para musisi memamerkan kebolehannya di panggung
a. musisi                                          c. di atas pentas                                                  
b. banyak musisi                             d. di atas panggung     


5


2.
Prajurit itu melempar granat ke tempat persembunyian GPK.
a. melempari                          c. tempat persembunyian GPK    
b. melemparkan                     d. tempat bersembunyi GPK     


5


3
Di tempat kami sudah lama melayani service arloji.
a. di tempat kami                 c. memperbaiki arloji    
b. kami                                 d. Di servis arloji     


5


4
Tim sukses para capres berjuang keras untuk memenangkan pemilu.
a. perjuangan                                               c. memenangi pemilu    
b. memperjuangkan                                     d. dimenangkannya pemilu     


5


5
Kami mulai belajar komputer sejak di sekolah kami memiliki komputer.
a. pada  sekolah                               c. dimiliki komputer   
b. di kami                                          d. ada komputer    


5


6
Di seluruh dunia beramai-ramai merayakan malam tahun baru.
a. seluruh dunia                                       c. dirayai    
b. di seluruh dunia                      d. dirayakan


5


7
Anita membantah keras kalau ia betul-betul tidak pergi  dengan Heru.
a. dibantah                                       c. kalau ia betul-betul tidak pergi 
b. mengecam                        d. kalau ia pergi     


5

8
Kamu jangan pantang mundur, teruskan mengurus masalah  itu sampai tuntas.
a. pantang mundur                   c. mengurus sampai masalah itu tuntas    
b. jangan mundur                     d. mengurus tuntas sampai masalah itu





5


9
Dengan pelatihan ini akan meningkatkan keterampilan para siswa.
a. pelatihan                              c. meningkatkan keterampilan para siswa    
b. melalui berlatih                    d. keterampilan para siswa akan meningkat.

5



10
Para ekonom sedang mendiskusikan tentang krisis ekonomi yang melanda Asean.
a. para ekonomi                             c. berdiskusi    
b. ahli ekonomi                       d. diskusi tentang     
                                               


5


1.
Telah ditemukan sebuah HP, Yang merasa kehilangan dapat diambil di kantor.
10

2.
Pak Padmo sekarang rumahnya dua, mau dijual semua.
10


3.
Peringatan Pemerintah :
Merokok dapat merugikan kesehatan.

10

4.
Bengkel Motor Prima
Special Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dll.

10

5.
Kecerobohan Angkutan umum yang suka berhenti seenaknya menelan korban.
10

Perbaiki kalimat berikut menjadi kalimat yang komunikatif dan cermat sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar !




Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP – NO. 1.8

Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 4,5,6
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : 1.8 Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar,        bernalar dan wajar.                     
Indikator                                  : 1. Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dalam berbicara dengan memperhatikan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada,irama, dan jeda.
2.  Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato, dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan dan intonasi secara jelas  dan tepat Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
1)        Mengucapkan kalimat dengan jelas,lancar, bernalar dan wajar dengan memperhatikan konsep dan pola kalimat serta intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda,
2)        Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dalam berbicara dengan memperhatikan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada,irama, dan jeda,
3)        Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato, dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan dan intonasi secara jelas  dan tepat.

II. MATERI AJAR:
1.    Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda dalam kalimat.
2.    Teknik membaca indah.
3.    Contoh pengucapan kalimat yang jelas, lancar, bernalar, dan wajar.
( Modul I B hal 111 s.d. 112 )

     

          Nilai PBKB & Kewirausahaan yang ditanamkan:
-       Bersahabat/ komunikatif
-       Gemar membaca
-       Kreatif
-       Mandiri
-       Cinta bahasa Indonesia
-       Semangat Kebangsaan



III. METODE PEMBELAJARAN

Demonstrasi dan diskusi.


IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan 4

A. Kegiatan awal       :
1.     Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2.     Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini materinya sudah dipelajari semester ganjil KD 1.1.
B. Kegiatan inti         :
1.    Peserta didik digali dengan pertanyaan tentang intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda untuk mengingatkan kembali. (eksplorasi)
2.    Peserta didik menyimak dengan seksama sehingga tumbuh rasa ingin tahu dialog/monolog yang diputar oleh guru.
3.    Peserta didik mengidentifikasikan dengan cermat penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari dialog/monolog yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta  intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda yang tidak tepat. (elaborasi)
4.    Peserta didik bekerja keras memperbaiki kesalahan kalimat yang didengar sehingga tumbuh semangat kebangsaan. (elaborasi)
5.    Peserta didik mengkonfirmasikan temuannya dengan temannya.(konfirmasi)      
C.   Kegiatan akhir     :
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Penugasan: Peserta didik secara kelompok bekerja keras mencari teks cerita, lirik lagu, pidato/pengumuman .

10 menit





70 menit










10 menit
Pertemuan 5

A. Kegiatan awal       :
1.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .
B. Kegiatan inti         :
1.     Peserta didik ditanya tugasnya membawa teks(lirik lagu, naskah, pengumuman, pidato)  tanggung jawab (eksplorasi)
2.     Peserta didik membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato, dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat. (elaborasi)
3.     Peserta didik yang lain menanggapi dengan sopan.           
C.  Kegiatan akhir           :
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran.(konfirmasi)
10 menit



70 menit






10 menit
Pertemuan 6

A. Kegiatan awal       :
1.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .
B. Kegiatan inti         :
  1. Peserta didik membaca dengan bersuara, teks: lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dengan disiplin menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat. (eksplorasi)
  2. Peserta didik yang lain menganalisis cara membaca temannya dengan cermat berdasarkan konsep dan pola serta  intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda yang benar.(elaborasi)
  3. Peserta didik secara kreatif membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari teks(lirik lagu, naskah, pengumuman, pidato) berdasarkan konsep dan pola serta  intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda yang benar.(elaborasi)
C.                   Kegiatan akhir :
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi. (konfirmasi)

10 menit




70 menit








10 menit


VI. ALAT/BAHAN/SUMBER :
Alat              : Tape, kaset
Bahan  : Teks dialog dan monolog, syair lagu, teks pengumuman/pidato.
Sumber         : Modul Bahasa Indonesia IB


VII. PENILAIAN :
          Jenis tes                 : tulis dan lisan
          Bentuk tes               : uraian



A.       Jelaskan perbedaan makna  kalimat ini sesuai dengan penjedahannya!

NO
SOAL
SKOR
NILAI
1
a. Buku sejarah / baru akan terbit bulan depan.
b. Buku sejarah baru/ akan terbit bulan depan.
10

2
a. Istri kedua / pejabat BUMN itu / naik pesawat.
b. Istri / kedua pejabat BUMN itu / naik pesawat.
10

3
a. Di kulkas / hanya ada / pisang susu / keju.
b. Di kulas / hannya ada /pisang / susu/ dan keju.
10

4
a. Otak pembunuh Barbara / Ayunda Linda.
b. Ota pembunuh Barbara Ayunda / Linda.
10

5
a. Ibu / saya berhasil memenangi lomba menyanyi.
b. Ibu saya / berhasil memenangi lomba menyanyi.
10



B.       Tentukan satuan-satuan sintaksis dalam kalimat-kalimat berikut ini, lalu tentukan pola kalimatnya!

Contoh                   : Pasukan TNI membangun jembatan darurat.
                                    S                    P                         O





NO
SOAL
SKOR
NILAI
1
Jembatan yang baru dibangun itu sudah runtuh lagi beberapa hari yang lalu.
10

2.
Siapa pun yang memimpin negara ini akan di hadapkan pada masalah-masalah krusial yang tidak ringan.
10

3
Pemilu presiden putaran kedua beberapa bulan yang lalu masyarakat kita tampak jauh lebih dewasa.
10

4
Komisi Pemberantasan Korupsi akan mempertahankan Bibit dan Chandra
10

5
Penumpang memadati Stasiun Besar Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (11/10) pukul 03.30 WIB

10



C.       Perbaikilah kalimat salah nalar berikut !


NO
SOAL
SKOR
NILAI
1
Saya benci padanya karena tiap disapa ia acuh saja.
10

2
Kalau udara dingin saya suka batuk.
10







Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd




RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
RPP – NO. 1.9

Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 7,8,9
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : .9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata.
Indikator                                  : 1 Memahami informasi tentang kelas kata
2      Mengklasifikasikan kelas kata berdasarkan teks.
3      Menentukan penggunaan kelas kata
4      Menyusun rincian berdasarkan kelas kata
5      Menulis dengan memanfaatkan kelas kata

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
     Setelah melalui proses pembelajaran, peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan macam-macam kategori/kelas kata dalam bahasa Indonesia.
  2. Menyebutkan contoh kata-kata berdasarkan kelas kata.
  3. Mengklasifikasikan kelas kata dalam teks yang dibacanya.
  4. Menjelaskan penggunaan kelas kata dalam kalimat
  5. Menyusun rincian  berdasarkan kelas kata.
  6. Menulis ± 3 paragraf dengan memanfaatkan kelas kata.

II.  MATERI AJAR

1.    Kategori/kelas kata
2.    Teks yang mengandung rincian yang berupa kelas kata.
3.    Contoh rincian kelas kata.
4.    Contoh pemanfaatan kelas kata dalam tulisan/karangan.

Nilai PBKB & kewirausahaan yang ditanamkan:
-       Gemar membaca
-       Kreatif
-       Komunikatif
-       Rasa ingin tahu
-       Kerja sama
-       Bekerja keras
-       Berani
-       Semangat
-       Cermat

III. METODE PEMBELAJARAN

1.    Penugasan
2.    Diskusi ”Jigsaw”
3.    Tanya Jawab

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Pertemuan
Langkah –langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan 7

A.   Kegiatan awal :
1.     Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu dengan semangat.
2.     Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini sehingga tumbuh rasa ingin tahu .
B.    Kegiatan inti
1.  Peserta didik ditugasi untuk membaca teori tentang kelas kata agar tumbuh kebiasaan gemar membaca. (eksplorasi)
2.  Peserta didik membaca teks dengan pemahaman terhadap kelas kata. (eksplorasi)
3.  Peserta didik menentukan dengan cermat  kelas kata dalam teks dengan cara menggarisbawahi.(elaborasi)
4.  Peserta didik secara kreatif mengklasifikasikan kelas kata dalam teks yang dibaca berdasarkan jenisnya di papan tulis.(elaborasi)
5.  Peserta didik dengan bekerja sama dengan temannya  menganalisis kebenarannya.(elaborasi)
C.  Kegiatan akhir
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran. (konfirmasi)
10 menit


70 menit










10 menit
Pertemuan 8

A.   Kegiatan awal :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini .
B.    Kegiatan inti
1)      Peserta didik dibagi kelompok berdasarkan kelas kata (misal: kelompok kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata tugas). (eksplorasi)
2)      Masing-masing kelompok diminta menyebutkan satu contoh kata berdasarkan nama kelompoknya.(misal: kelompok kata benda, menyebutkan contoh kata benda) (elaborasi)
3)      Masing-masing kelompok bertanggung jawab membuat kalimat dengan kata yang disebutkan tadi (elaborasi)
4)      Setiap anggota kelompok secara bergantian mengembangkan kalimat tersebut sehingga tumbuh kreatifitasnya menjadi sebuah paragraf. (elaborasi)
5)      Masing-masing kelompok bertukar hasil kerja, untuk menganalisis kelas kata yang terdapat dalam paragraf secara komunikatif (elaborasi)
      C.  Kegiatan akhir
Peserta didik dipandu guru bekera sama menyimpulkan hasil pembelajaran.(konfirmasi)
10 menit






70 menit









10 menit

Pertemuan 9

A.   Kegiatan awal :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini adalah melanjutkan pertemuan kemarin .
B.    Kegiatan inti.
1)    Peserta didik disajikan deretan kelas kata. Sehingga tumbuh rasa ingin tahu(eksplorasi)
2)    Peserta didik dengan kreatif mengembangkan kelas kata tersebut menjadi sebuah karangan.(elaborasi)
3)   Peserta didik dengan berani mempresentasikan hasil karangannya di depan kelas. (konfirmasi)
4)   Peserta didik bekerja keras mengklasifikasikan  kelas kata yang terdapat dalam karangannya secara rinci.(elaborasi)
5)   Peserta yang lain mengomentari kebenaran dan kesalahannya dengan menghargai pendapat orang lain. (elaborasi)
      C.  Kegiatan akhir
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi(konfirmasi)
10 menit





70 menit










10 menit


VI. ALAT/BAHAN/SUMBER

       Alat : LCD, komputer
      Bahan: Teks dari media cetak ± 5 paragraf
      Sumber: Modul I B
      
VII. PENILAIAN     
1.    Tes tertulis.
2.    Bentuk tes
Ø  Pilihan ganda.
Ø  Uraian

 A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.    Sumur itu sangat dalam.
Kata  dalam pada kalimat di atas termasuk kelas kata ....
a.    benda
b.    kerja
c.    sifat
d.    tugas
2.    Sekarang, ia memiliki rambut yang pendek.
Kata pendek dalam kalimat di atas termasuk kelas kata ....
a.    Benda                                   c. sifat
b.    Kerja                                    d. tugas
3.    Rakyat menuntut kesejahteraan yang merata.
Kata kesejahteraan dalam kalimat di atas termasuk kelas kata ....
a.    benda                                   c. sifat
b.  kerja                                     d. tugas
4.    Pemerintah daerah mengharuskan masyarakat berpatisipasi ikut menjaga lingkungan.
Kata mengharuskan dalam kalimat di atas termasuk kelas kata ....
a.    benda                                   c. sifat
b.    kerja                                     d. tugas

B. Baca teks berikut!    
Sudah dua minggu dia terbaring sakit.  Tidak satu orang pun yang mengetahui kalau ia terpapar HIV AIDS. Tingkah lakunya yang santun selama ini tidak mencerminkan kalau sebenarnya ia seorang yang sering berganti-ganti pasangan. Kini, ia tinggal menunggu panggilan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.   

Klasifikasikan teks di atas berdasarkan kelas kata!
           
No.
Kata Benda
Kata Kerja
Kata Sifat
Kata Tugas

  1
  2.
  3.
dst.


dua
.........................
.........................

terbaring
..........................
.........................

sakit
...........................
.........................

yang
.........................
.........................

  C.  Sebutkan rincian kata berdasarkan kelas kata berikut ini!
            (1) Nomina nama kekerabatan :  adik, kakak, saudara, ibu, bapak, dsb.
            (2)Nomina alat/perabot: .............................................................................
            (3) Nomina hal/proses : ..............................................................................
            (4) Adjektiva yang menyatakan penilaian: ..................................................
            (5) Adjektiva yang menyatakan batin: .........................................................
            (6) Verba yang berawalan me- dengan variasinya : ...................................
D. Buatlah karangan ± 3 paragraf  dengan memanfaatkan kelas kata secara tepat!

Bobot penilaian/Penskoran:


Jenis Soal

Nomor Soal

Bobot

Nilai
PG
1 - 25
2
50
Uraian
1 (mengarang)
50
50

100

Penugasan:

Kerjakanlah tugas berikut ini secara berkelompok, maksimal 5 orang!
1.   Carilah sebuah teks (bacaan) ± 100 kata.
2.  Untuk setiap kata,  tentukan kelas kata  (kata kerja (verba), kata benda (nomina), kata sifat (adjektiva), dan kata tugas) serta  tentukan pula bentuk katanya! Kerjakan dalam bentuk tabel!






Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd











RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
RPP – NO.1.10


Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 10,11,12
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : . 1.10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks  bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
Indikator                                          :1. Memahami informasi tentang diksi, bentuk kata, dan ungkapan.
                                                             2 Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu.
                                                 3 Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang ditetapkan.
                                                 4 Menyusun karangan sesuai dengan pilihan jenis karangan tertentu (narasi, deskripsi, eksposisi) dengan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
5 Memahami penggunaaan disksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam teks.
                                                6 Mampu membuat beberapa teks tertulis dengan  menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
                                   
I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
     Setelah melalui proses pembelajaran, Peserta didik dapat:
1)    menunjukkan pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tidak/kurang tepat di dalam teks.
2)    Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu.
3)    Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang ditetapkan.
4)    Menyusun karangan sesuai dengan pilihan jenis karangan tertentu (narasi, deskripsi, eksposisi) dengan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
5)    Memahami penggunaaan disksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam teks.
6)    Mampu membuat beberapa teks tertulis dengan  menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.

II. MATERI AJAR

1.    Pilihan kata (diksi)
2.    penggunaan bentuk kata dalam teks
3.    penggunaan uangkapan dalam teks




Nilai-nilai PBKB & Kewirausahan yang ditanamkan:
-        Gemar membaca
-        Kreatif
-        Komunikatif
-        Kerja sama
-        Rasa ingin tahu

III. METODE PEMBELAJARAN
1.    Penugasan
2.    Diskusi
3.    Tanya jawab

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pertemuan 10

A.                       Kegiatan awal:
1.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu sehingga muncul komunikasi dua arah .
2.    Peserta didik menyimak dengan rasa ingin tahu penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B.                        Kegiatan inti:
1.    Peserta didik diminta membaca  sebuah wacana/teks sehingga tumbuh kebiasaan gemar membaca (eksplorasi)
2.    Peserta didik meneliti/memeriksa ketepatan penggunaan diksi, bentuk kata, dan   ungkapan dalam teks. (elaborasi)
3.    Peserta didik bekerja keras  memperbaiki penggunaan diksi, bentuk kata dan ungkapan dalam teks yang salah.(elaborasi)
C.                       Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran.(konfirmasi)

10 menit



70 menit






10 menit
Pertemuan 11

A.       Kegiatan awal:
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B.    Kegiatan inti:
1)   Peserta didik disajikan deretan kata ungkapan  (eksplorasi)
2)   Peserta didik dengan disiplin membuat kalimat dengan menggunakan diksi yang tepat.(elaborasi)
3)   Peserta didik dengan kreatif membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan yang tersedia.(elaborasi)
4)   Peserta didik menjelaskan  dengan cekatan makna ungkapan dalam teks.(elaborasi)
5)   Peserta yang lain menanggapi kebenarannya.
C.   Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil     pembelajaran.(konfirmasi)
10 menit



70 menit






10 menit
Pertemuan 12

A.   Kegiatan awal:
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B.    Kegiatan inti:
1)   Peserta didik bekerja keras mencari informasi tentang kemasyarakatan dari media surat kabar. (eksplorasi)
2)   Peserta didik menyusun kerangka karangan yang bertema kemasyarakatan sehingga muncul kreatifitasnya.(elaborasi)
3)   Peserta didik bekerja keras membuat teks bertema kemasyarakatan dengan  menggunakan disksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.(elaborasi)
4)   Peserta didik membacakan hasil karangannya di depan kelas dengan berani  (elaborasi)
C.   Kegiatan akhir:
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi
(konfirmasi)

10 menit



70 menit







10 menit


V. ALAT/BAHAN/SUMBER

            Alat            : LCD, Komputer, Power Point
           Bahan          : Teks pidato ± 5 paragraf
 Sumber        : Modul bahasa Indonesia IB
       

VI. PENILAIAN

      A. Pilihlah sinonim yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut !
1.    Alumni harus ( menjunjung / mengangkat) tinggi nama baik almamaternya.
2.    Pemberontakan komunis dapat (dimatikan / dipadamkan) .
3.    Gedung yang (jangkung / tinggi) berisiko tersambar petir.
4.    Anak (kecil / kerempeng ) seperti dia tidak layak menjadi petinju.
5.    Kami menunggu sejak (pukul / jam) lima pagi.
6.    Panitia (menyerahkan / menyodorkan / memberikan) lis sumbangan kepada saya .
7.    Bagian personalia akan segera (memilih / menyeleksi) calon karyawan.
8.    Semoga Tuhan menemani / mendampingi / menyertai) kita.
9.    Orang itu memang gila (posisi / kedudukan / jabatan) .
10. Pekerjaannya sebagai (pegawai / buruh) bangunan mengawali suksesnya di bisnis properti.

     B. Buatlah lima paragraph pendek yang di dalamnya terdapat pemanfaatan sinonim/parafrase untuk menghindari pengulangan yang tidak perlu !


VII. KUNCI JAWABAN

1.    menjunjung
2.    dipadamkan
3.    tinggi
4.    kerempeng
5.    pukul
6.    menyodorkan
7.    menyeleksi
8.    menyertai
9.    jabatan
10. buruh

Pedoman Penilaian     
Jumlah jawaban betul   X 100 = Nilai
Jumlah soal



Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP – NO. 1.11

Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 12, 14, 15
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : . 1.11 Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi.
Indikator                                          :1. Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan   topik pembicaraan secara   tertulis dengan santun.
2      Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan    jawaban ya atau tidak secara tertulis dengan  tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan konfirmasi.
3      Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak  memerlukan jawaban) secara tertulis sesuai  dengan tujuan dan situasi.
4      Menyampaikan pertanyaan secara tersemar dengan kalimat tanya secara tertulis dengan    tujuan selain bertanya seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir,  meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
   Setelah melalui proses pembelajaran, Peserta didik dapat:
1)        Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan   topik pembicaraan secara   tertulis dengan santun.
2)        Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan    jawaban ya atau tidak secara tertulis dengan  tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan konfirmasi.
3)        Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak  memerlukan jawaban) secara tertulis sesuai  dengan tujuan dan situasi.
4)        Menyampaikan pertanyaan secara tersemar dengan kalimat tanya secara tertulis dengan    tujuan selain bertanya seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir,  meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah.
         

II. MATERI AJAR

1.    Tentang kalimat tanya: pengertian, ciri-ciri, macam-macam kata tanya, jenis kalimat tanya.
2.    Kalimat tanya yang efektif dengan formula 5W1H (what, who, where, when, why, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi.
( Modul hal. 149 s.d. 155 )

A. Santun Bertanya 
Untuk memperoleh informasi sebagaimana kita harapakan, kita perlu memperhatikan santun bertany. Hal itu dimaksudkan agar pertanyaan yang kita ajukan mendapat respon dari narasumber. Oleh karena itu, sebelum bertanya mengajukan pertanyaan kepada narasimber. Perhatikan santun bertanya berikut ini!
1)    Ajukan pertanyaan yang betul-betul memerlukan informasi dari narasumber yang tidak melenceng dari topic pembicaraan.
2)    Tempatkan diri kita pada posisi yang lebih rendah daripada narasumber agar ia merasa dihargai
3)    Jangan memotong jawaban narasumber karena selain kurang etis, hal itu akan merusak alur informasi yang diberikan

B.   Pertanyaan untuk menggali informasi
Cara-cara menggali informasi.
1)    Rumuskan lebih dahulu pokok-pokok pikiran atau masalah-masalah yang relevan untuk kita tanyakan kepada narasumber.
2)    Jika perlu, buatlah kalimat tanyaan berdasarkan daftar pokok pikiran atau masalah di atas.
3)    Mulailah dengan pertanyaan ringan ynag bersifat pengenalan masalah, kemudian berangsur-angsur meningkat makin serius, dan mendekati akhir penggalian informasi gunakan pertanyaan yang bersifat penegasan saja.

C.   Pertanyaan untuk klarifikasi dan konfirmasi

Kalimat Tanya berjawab ya/tidak berserta variasinya memang bukan mengungkap informasi yang lengkap atau terurai, melainkan untuk menguji benar tidaknya sesuatu.
Kalimat Tanya berjawab ya atau tidak itu dihasilkan dengan cara sbb :

(1) menggunakan kata Tanya apa
(2) menggunakan partikel Tanya – kah
(3) menggunakan intonasi Tanya
(4) menggunakan ……… atau ,

D.   Kalimat Tanya Retorik

Selain untuk menanyakan sesuatu, kalimat Tanya dapat juga digunakan sebagai cara atau gaya dalam berbahasa.
Dengan kalimat  Tanya retorik, boleh juga jadi penanya bermakud menyatakan sesuatu yang berkebalikan dari apa yang ditanyakan. Atau, dengan kalimat tersebut penanya bermaksud menegaskan hal tertentu untuk mendapatkan perhatian mitra pembicara.

Nilai-nilai PBKB & Kewirausahaan yang ditanamkan:
-       Kerja keras
-       Tanggung jawab
-       Bersahabat
-       Rasa ingin tahu
-       Kreatif
-       Mandiri
-       Menghargai prestasi
-       Kepemimpinan

III. METODE PEMBELAJARAN :
Demonstrasi dan diskusi.

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pertemuan 13

A. Kegiatan awal  :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B. Kegiatan inti    :
1)   Peserta didik membaca pemahaman  isi modul tentang kalimat tanya dengan rasa ingin tahu.(ekplorasi)
2)   Peserta didik bekerja keras menyusun intisari isi modul tersebut dibuku tulisnya.elaborasi)
3)   Peserta didik diberi topik permasalahan.(eksplorasi)
4)   Peserta didik menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik pembicaraan secara tertulis dengan santun.(elaborasi)
5)   Peserta didik dengan kritis menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak dengan tujuan untuk mengklarifikasikan/mengkonfirmasikan masalah.(elaborasi)
6)   Peserta didik menyampaikan pertanyaan untuk menggali informasi yang relevan dengan  topik tersebut agar terbiasa berpikir kritis(elaborasi)
C.  Kegiatan akhir :
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran.(konfirmasi)
10 menit


70 menit










10 menit
Pertemuan 14

A. Kegiatan awal  :
1)   Peserta didik menjawab dengan semangat pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak dengan seksama penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B. Kegiatan inti    :
1)   Peserta didik diberi topik permasalahan agar timbul rasa ingin tahu.(eksplorasi)
2)   Peserta didik dengan kreatif menyampaikan pertanyaan retorik (tidak  memerlukan jawaban) berdasarkan permasalahan tersebut.(elaborasi)
3)   Peserta didik dengan kreatif menyampaikan pertanyaan secara tersamar dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon,  meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir,  meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah. (elaborasi)
C.  Kegiatan akhir :
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran. (konfirmasi)
10 menit




70 menit







10 menit
Pertemuan15

A. Kegiatan awal  :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu dengan semangat.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
B. Kegiatan inti    :
1)   Peserta didik dibagi kelompok agar dapat bekerja sama masing-masing kelompok 5 orang. (eksplorasi)
2)   Peserta didik diberi 5 topik permasalahan, diminta memilih salah satu.(eksplorasi)
3)   Peserta didik membuat daftar pertanyaan dengan cermat untuk melaksanakan wawancara sesuai dengan topik permasalahan dengan memperhatikan jenis kalimat tanya.(elaborasi)
4)   Peserta didik  menentukan narasumber dengan jeli . (elaborasi)
5)   Peserta didik mengkonfirmasikan daftar pertanyaannya sebelum wawancara kepada guru. (konfirmasi)
6)   Peserta didik mengadakan wawancara dengan disiplin sesuai dengan waktu yang ditentukan.(elaborasi)


C. Kegiatan akhir :
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi(konfirmasi)
10 menit





70 menit











10 menit


V. ALAT/BAHAN/SUMBER :
          Alat              : LCD, Komputer, Power Point
Bahan           : Berbagai teks dari media cetak,
Sumber         : Menulis Tertib dan Sistematik oleh J.D.  Parera

VI. PENILAIAN

          Jenis tes: tulis
          Bentuk tes: pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1.    Kalimat tanya berikut memerlukan jawaban  “ ya” atau “tidak” adalah ....
a.    Apakah Anda mengetahui bahaya narkoba?
b.    Bagaiman cara menghindari bahaya narkoba?
c.    Mengapa narkoba menjadi ”momok” bagi orang tua?
d.    Sejauh mana anak-anak  usia dini sudah mengenal narkoba?
e.    Apakah usaha pemerintah dalam menanggulangi bahaya narkoba?
2.    Kalimat tanya berikut ini yang merupakan kalimat tanya retorik adalah ....
a.    Bagaimanakah nasib mereka?
b.    Apakah Anda mengetahui nasib Anda?
c.    Mengapa nasib Anda bergantung pada Anda?
d.    Benarkah nasib Anda bergantung kepadanya?
e.    Tidakkah Anda khawatir akan nasib mereka?
3.    Satu setengah tahun tempurung kelapa itu teronggok tak terjamah. Imam Nurhidayat-jebolan Universitas Islam Indonesia membiarkan limbah pengolahan VCO ( virgin coconat oil) itu membukit. Namun isu makanan berpengawet fomalin pada tahun 2006 membangkitkan naluri bisnisnya. Ia membakar tempurung mengalirkan asap melalui pipa besi nirkarat, dan mengolahnya di tabung kondensasi menjadi asap cair. Kini ia memasarkan 2.300 liter dan beromset Rp46 juta sebulan.
Kalimat tanya klarifikasi sesuai isi penggalan berita di atas adalah....
a.    Hal apakah yang membangkitkan naluri bisnis Imam Nurhidayat?
b.    Benarkah Imam Nurhidayat membiarkan tempurung kelapa teronggok selam satu setengah tahun?
c.    Lulusanperguruan tinggi manakah Imam Nugraha?
d.    Bagaimana cara mengolah tempurung kelapa menjadi asap cair?
e.    Berap omset penjualan asap cair setiap bulan?
4.     Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada UN 2005, Ali lulus dengan nilai yang memuaskan. Akan tetapi, temanya yang bernama Amin tidak lulus, padahal dia pintar, Ali tidak percaya akan hal itu.
Ali ingin mengklarifikasi hal itu kepada Amin, apakah ia memang tidak lulus.




Kalimat yang tepat dan santun untuk mengklarifikasi hal tersebut adalah…
a.    Maaf, apakah betul kamu tidak lulus Min?
b.    Kamu tidak lulus ya Min?
c.    Luluskah kamu Min?
d.    Kamu lulus apa tidak Min?
e.    Amin tidak lulus ya?

5.    Untuk menertibkan masalah uang parkir di Jakarta akan dicoba karcis parkir berhadiah. Ide karcis berkado ini sebetulnya bukan barang baru. Akhir tahun 1972 ada karcis berhadiah Cuma-Cuma mulai dari motor, sepeda, , ban mobil, kaset, dan aki mobil. Lalu pada tahun 1995 ada juga yang berencana menerapkan karcis parkir berhadiah langsung. Usulan hadiah? Sedan Corlla, Toyota Kijang, dan lampu petromaks.
Kalimat tanya yang jawabannya tidak terdapat dalam penggalan berita tersebut adalah....
a.    Apa yang akan diujicobakan dalam teks tersebut?
b.    Di kota manakah uji coba itu akan dilaksanakan?
c.    Mengapa uji coba ini sampai terjadi di kota tersebut?
d.    Apakah karcis parkir berhadiah ini pernah diberlakukan sebelumnya?
e.    Siapakah yang memenangkan toyota kijang pada penarikan hadiah langsung karcis parkir tahun 1995?
6.    Wartawan majalah dinding  akan mewawancarai juara lomba pidato antarsekolah untuk bahan berita.
Kalimat-kalimat tanya berikut tepat untuk diajukan, kecuali....
a.    Bagaimana perasaan Anda setelah menjuarai lomba pidato?
b.    Bagaimana persiapan Anda untuk menghadapi lomba pidato?
c.    Apakah ada bimbingan khusus dari guru atau orang tua?
d.    Apa ada gunanya mengikuti lomba pidato, dapatkah Anda jelaskan?
e.    Gagasan apa saja menurut Anda yang menarik sehingga juri memenangkan Anda?

7.      Topik wawancara: pembuatan kue yang lezat dan biaya murah

Kalimat Tanya yang diajukan sewaktu berwawancara dengan pengusaha kue sesuai dengan topic tersebut adalah…
  1. Apakah khasiat kue yang lezat Anda jual di warung ini?
  2. Apakah kue ini sangat Anda sukai Anda membuatnya?
  3. Mengapa kue yang lezat ini bias dibuat dengan biaya yang murah?
  4. Apakah banyak orang memesan kue yang murah seperti ini?
  5. Apakah yang membeli kue ini dari pelanggan tetap saja?

8.     Perhatikan ilustrasi berikut!
Intan sedang mewawancarai Ibu Prasti, Kepala Personalia PT Karya Maju. Pembicaraan berkisar pada lintas sumber daya manusia yang dinilai masih rendah.
                                                                                                                                            


Kalimat tanya yang tepat diajukan Intan kepada nara sumber berkaitan dengan pembicaraan tersebut adalah…
  1. Apakah pemerintah sudah menyediakan lapangan kerja untuk lulusan SMA?
  2. Bagaiman pendapat Ibu tentang lulusan SMA dan SMK yang semakin meningkat jumlahnya?
  3. Apa yang dapat Ibu sarankan untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan ini?
  4. Berapakah jumlah tenaga kerja di perusahaan Ibu yang bekerja dengan baik saat ini?
  5. SDM lulusan SMK masih rendah. Menurut ibu, siapakh yang mencetuskan pendapat itu?

9.    Bersediakah Bapak menerima saya sebagai karyawan di perusahaan ini?
Pertanyaan tersamar di atas bertujuan ....
  1. memohon                                 
  2. menyetujui
  3. merayu                                     
  4. menyindir
  5. meyakinkan
10. Putri sedang mewawancarai siswa yang memenangi Lomba Keterampilan Siswa untuk bidang bahasa Indonesia. Pembicaraan mengenai persiapan yang dilakukan pemenang lomba.
Kalimat tanya yang tepat diajukan putri kepada pemenang lomba tersebut adalah....
a.    Bagaimana perasaan Anda setelah memenangi lomba ketrampilan siswa ini?
b.    Cukupkah waktu yang diberikan panitia lomba untuk Anda persiapkan diri mengikuti perlombaan ini?
c.    Siapakah yang membimbing Anda untuk mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa ini?
d.    Latihan apa saja yang Anda lakukan untuk mengikuti lomba ini sehingga Anda berhasil menjadi juara?
e.    Bagaimana pendapat Anda mengenai persiapan yang dilakukan panitia lomba?




Pedoman Penilaian     
Jumlah jawaban betul   X 100 = Nilai
    Jumlah soal




Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP – NO. 1.12

Mata Pelajaran                                : Bahasa Indonesia
Kelas / Mata Pelajaran                 :  X / Genap
Pertemuan                                       : 16, 17, 18
Alokasi Waktu                                 : 6 x 45 Menit
Standar komtetensi                       : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar                     : . 11.12 Membuat parafrasa dari teks tertulis.
Indikator                                          :1. Mengidentifikasi gagasan pokok dalam suatu paragraf.
2    Mengidentifikasi cara pengembangan gagasan pokok suatu paragraf.
3    Mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca  dengan kalimat sendiri secara tertulis.
4    membuat parafrase lisan teks puisi.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
1.    Menentukan gagasan pokok dalam suatu paragraf.
2.    Mengidentifikasi cara pengembangan gagasan pokok suatu paragraf.
3.    Menyusun gagasan pokok tiap-tiap paragraf dalam wacana menjadi wacana yang lebih ringkas.
4.    Mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca  dengan kalimat sendiri secara tertulis.
5.    Mengartikan makna kata ungkapan dalam puisi.
6.    Membuat parafrase lisan teks puisi.

II. MATERI AJAR

          Parafrase adalah mengubah bentuk puisi ke bentuk karangan dengan kata-kata sendiri. Parafrase dapat juga berupa pengintisarian suatu wacana, baik dalam dalam satu bahasa maupun ke dalam bahasa yang berbeda. Parafrase3 dapat juga di artikan sebagai penguraian kembali suatu teks / karangan dalam bentuk / susunan kata yang lain dengan maksud dapat menjelaskan makna nya yang tersembunyi.
Untuk dapat membuat parafrase dengan tepat dalam arti tidak menyimpang dari makna dan maksud yang dikehendaki oleh pengarang aslinya ada dua kemungkinankemampuan yang harus dimiliki :
1.    kemampuan memahami secara tepat makna dan maksud objek yang akan di parafrasekan .
  1. kemampuan mencari bentuk lain yang secara tepat mengungkapkan     objek parafrase .
     Informasi yang tertulis dapat kita terima secara lisan dari pembacaan teks, maka proses penerimaan informasinya sama halnya orang yang mendengarkan pembicaraan secara lansung. Oleh karena itu, langkah prafrasa yang kita perlukan adalah :
(1) dengarkan secara cermat pembacaan teks atau wawancara tertulis
(2) catat informasi utama yang anda anggap penting
(3) kembangkan informasi utama tersebut menjadi satuan-satuan gagasan atau paragraf
(4) jika perlu, pengembangan dapat anda lakukan secara tertulis untuk Anda bacakan
(5) ungkapan isi uraian yang telah Anda dengar dengan kata-kata/ kalimat Anda sendiri.
         
          Nilai-nilai PBKB & Kewirausahaan yang ditanamkan:
-    Gemar membaca
-    Kreatif
-    Rasa ingin tahu
-    Kerja keras
-    Komunikatif
-    Tanggung jawab
-    sosial


III. METODE PEMBELAJARAN

          Diskusi, tanya jawab, penugasan

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan 16
A. Kegiatan awal       :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini sehingga tumbuh rasa ingin tahu.

B. Kegiatan inti              :
1) Peserta didik mencari wacana  (berita, iklan, tajuk rencana, cerita narasi, puisi)agar tumbuh kebiasaan gemar membaca(eksplorasi)
2) Peserta didik dengan bekerja keras mencatat gagasan /pikiran utama dari teks yang  dibaca. (elaborasi)
3) Peserta didik  dengan kreatif menentukan cara pengembangan gagasan utama dari teks yang disimak.(elaborasi)

C. Kegiatan akhir      :
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi. (konfirmasi)

10 menit




70 menit






10 menit
Pertemuan 17
A. Kegiatan awal       :
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2)   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.

B. Kegiatan inti              :
1)   Peserta didik membaca (berita, iklan, tajuk rencana, cerita narasi, puisi)(eksplorasi)
2)   Peserta didik mengidentifikasi gagasa/ pikiran utama dari teks yang  dibaca. (elaborasi)
3)   Peserta didik dengan mandiri dan kreatif menyusun gagasan/pikiran utama tiap-tiap paragraf menjadi satuan paragraf secara tertulis.(elaborasi)
4)   Peserta didik menyampaikan hasilnya di depan kelas dengan tanggung jawab dan berani.(konfirmasi)

C. Kegiatan akhir      :
Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil pembelajaran.

10 menit



70 menit







10 menit
Pertemuan 18

A. Kegiatan awal       :
1.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
2.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.

B. Kegiatan inti              :
  1. Peserta didik disajikan sebuah teks puisi bertema sosial  agar tumbuh jiwa sosialnya (eksplorasi)
  2. Peserta didik memahami isi puisi tersebut dengan cara membaca di depan kelas. (elaborasi)
  3. Peserta didik dengan kreatif memparafrasekan teks puisi tersebut dengan menggunakan bahasanya sendiri .(elaborasi)
C.Kegiatan akhir       :
Peserta didik dipandu guru bekerja sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengikuti evaluasi(konfirmasi)

10 menit




70 menit





10 menit

V. ALAT/BAHAN/SUMBER

          Tajuk rencana, berita, iklan, cerita narasi, puisi.

VI. PENILAIAN

  1. Parafrasekan kutipan puisi berikut ke dalam bentuk prosa
Kami Cuma tulang -tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang –tulang berserakan .
          Ataukah jiwa kami melayang untuk kemerdekaan
          Kemenangan dan harapan
Atau tidak untuk apa-apa  (Kerawang – Bekasi, Chairil
Anwar)

B. Buatlah intisari masing – masing paragraf, lalu rumuskan simpulan / intisari wancana tersebut                             
         
                   Sependapat dengan mendikbut , dan guru besar psikologi UI, Prof . Dr. Sri Utami Munandar mengatakan bahwa pelajar dan  pemuda yang terlibat kenakalan perlu di hukum . Namun, jenis hukumanya harus tetap di pertimbangkan aspek – aspek pendidikan . Lebih lanjut ,Utami menambahkan , “ Kita perlu undang – undang khusus untuk sanksi hukum yang dikenakan kepada plajar dan pemuda nakal . Namun yang lebih penting dari semua itu adalah pembinaan disiplin karena mereka dalam status anak didik “
                   Sementara itu pakar pendidikan dari IKIP Jakarta ,Prof . Yusufhadi Miarso mengatakan “  Negara kita Negara hukum . bila ada pelajar dan pemuda yg melanggar hukum jelas mesti di hukum “ . Selain itu Yusufhadi menekan bahwa masalah kenakalan pelajar dan remaja di luar sekolah pada prinsipnya sudah bukan lagi tanggung jawab lembaga pendidikan lagi . karena itu , pihak lembaga pendidikan tidak perlu ikut campur dalam penagan kasus – kasus mereka . Serahkan saja permasalahan tersebut kepada intitusi yang lebih berwenang dalam masyarakat , yaitu keluarga dan kepolisian.


Pedoman penilaian (Teknik Skoring)
                  
No
Aspek yang Dinilai
Skor


1
2
3
4

1
Ketepatan isi





2
Urutan Waktu





3
Kata Kunci





4
Ejaan












          Skor maksimum 20 (5x4)

          Ket :
          Kolom skor diisi dengan angka sebagai berikut:
-          Skor 4 sangat sesuai
-          Skor 3 sesuai
-          Skor 2 kurang sesuai
-          Skor 1 tidak sesuai



Mengetahui,                                                        Weleri,    Juli 2011
Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Wahid Asy'ari                                                                                  Retno Istriningsih, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar